5 Hal Yang Wajib Dimiliki Calon Pengusaha Agar Sukses Memulai Bisnis

Bayangkan saja anda adalah seorang pegawai kantoran yang menyimpan keinginan kuat untuk memiliki usaha sendiri suatu hari nanti. Saat persiapan sudah lengkap dan modal dirasa cukup, hari itupun akhirnya tiba juga, anda keluar dari pekerjaan, memutuskan untuk jadi pengusaha dan memilih menjalankan usaha pada bidang yang paling anda cintai, tak ada hal yang lebih membahagiakan selain bisa melakukan pekerjaan yang anda idam-idamkan tersebut sepanjang hari. Saat memasuki periode awal menjalaninya, akan terasa sebuah atmosfir yang sangat positif, anda sangat bersemangat dan semua terlihat tampak mudah dijalani, namun seiring berjalannya waktu, segera akan menjadi jelas bahwa ternyata meninggalkan satu jenjang karir yang aman dan memutuskan untuk memilih jalan yang anda sukai ternyata tidak sesedehana itu. Setidaknya anda harus memiliki 5 Hal Yang Wajib Dimiliki Calon Pengusaha Agar Sukses Memulai Bisnis dibawah ini.

pengusaha-sukses-indonesia

Mengerjakan sesuatu yang anda cintai adalah suatu pilihan yang baik, hal itu akan membuat anda bekerja dengan sepenuh hati, lebih keras, lebih teliti dan hasilnyapun akan lebih memuaskan. Tapi semangat saja tidak cukup dan belum lengkap tanpa dibarengi dengan naluri bisnis yang baik. Kerja keras harus disertai dengan pemilihan waktu yang tepat, kesempatan yang tepat serta kejelian untuk memanfaatkan peluang yang ada. Dengan memadukan kombinasi itulah artinya jiwa kewirausahaan telah ada dalam diri anda sehingga dapat melangkah jauh ke depan, menciptakan bisnis yang nyata, kokoh dan mampu bertahan ditengah persaingan. Banyak pengalaman berharga yang bisa diambil sebagai bahan pembelajaran dari orang-orang yang telah sukses, tirulah tips-tips sukses mereka, juga pelajari bagaimana mereka dapat bangkit pada saat mengalami kegagalan. Berikut adalah 5 Hal Yang Wajib Dimiliki Calon Pengusaha Agar Sukses Memulai Bisnis :

1. Memiliki seseorang sebagai panutan
Ada baiknya anda memiliki seseorang atau tokoh yang telah sukses sebagai panutan, Carilah yang memiliki kemiripan dengan usaha yang anda jalankan. Tirulah cara mereka meraih sukses dan perhatikan kesalahan-kesalahan apa yang pernah mereka lakukan. Ini bertujuan agar anda dapat lebih memahami lebih mendalam area kerja dan bagaimana sebaiknya usaha dijalankan tanpa melakukan kesalahan yang sama.

2. Memiliki seseorang yang dapat membantu
Anda bukan super hero yang bisa melakukan semuanya tanpa bantuan orang lain. Pada saat melakukan rangkaian proses kerja, anda akan sadar bahwa ada satu atau bagian lain dalam elemen tersebut yang butuh bantuan tangan profesional atau seseorang yang lebih menguasai bidangnya daripada anda. Misalnya anda memulai bisnis toko pakaian dan ingin mengembangkan market dengan mendirikan toko online, carilah relasi atau teman yang memiliki kemampuan baik dalam bidang tersebut untuk membantu. Gunakan jaringan dan manfaatkan dengan maksimal sumber daya yang ada disekitar anda.

3. Memiliki sesuatu untuk diberikan
Dunia usaha memang penuh dengan persaingan dan masing-masing berusaha berlomba memberikan layanan terbaik demi kepentingan usahanya. Walaupun demikian, jangan pernah menutup diri dengan pesaing-pesaing anda. Usahakan tetap menjaga hubungan yang baik dan tunjukkan hal-hal yang positif kepada mereka. Misalnya ada pelanggan mencari produk atau jasa yang tidak anda jual, namun anda tahu bahwa pesaing menjualnya, maka sebaiknya berikan petunjuk kepada pelanggan tersebut dimana ia bisa memperoleh yang dicari. Secara tidak langsung anda telah memberi bantuan kepada pesaing anda, suatu saat pasti anda akan menerima sebaliknya.

4. Memiliki kesiapan mental dan fisik untuk menjadi tidak nyaman
Dengan mengambil keputusan sebagai pengusaha atau melakukan wirausaha artinya anda juga keluar dari zona nyaman. Anda menjadi ujung tombak yang akan menentukan berhasil tidaknya usaha, anda menjadi atasan untuk diri anda sendiri. Anda harus segera membiasakan diri berlaku sebagai pembuat keputusan dan sekaligus pelaksana. Berbeda dengan dunia kerja telah memiliki sistem baik dan jadwal rutinitas yang terkendali, dalam zona ini akan menemukan tantangan dan hambatan yang efeknya langsung anda terima, namun dengan mental dan fisik yang telah dipersiapkan sebelumnya untuk menerima itu semua, niscaya semua usaha anda akan berbuah manis.

5. Memiliki cara meraih tujuan dan jalankan dengan target
Ibarat tour mendaki puncak gunung, anda akan mendapatkan berkas yang berisi rincian semua kebutuhan yang harus dipersiapkan, jarak tempuh, letak pos-pos peristirahatan dan jadwal serta interval waktu untuk memulai perjalanan. Begitu pula bisnis anda, tentukan tujuan utamanya, buat inventaris semua kebutuhan yang diperlukan, atur jadwal kerja dan buatlah target-target kecil sebagai pos-pos pemberhentian yang harus dicapai dalam batas waktu tertentu. Fokuskan diri untuk mencapai target-target kecil dahulu, lakukan setapak demi setapak mencapai target-target kecil, akan tak terasa bahwa semakin dekat dengan tujuan besar anda. (wartawirausaha.com)

Mari berkomentar dengan santun !