5 Pilihan Berwiraswasta di Usia Muda

Fire WorksSurat ijazah kelulusan perguruan tinggi sudah di tangan. Tapi, mendadak Anda merasa malas untuk bekerja di dunia perkantoran. Mengapa tidak mencoba berwirausaha saja. Selagi masih muda coba manfaatkan kemampuan dan kreativitas untuk membuat bisnis sendiri. Cari tahu apa saja jenis-jenis usaha yang sedang digemari di kalangan muda. Jika masih bingung, kami akan berikan pilihannya.

  1. Kuliner

Bisnis kuliner sedang naik daun. Menjamurnya kafe-kafe atau restoran dengan konsep unik diimbangi dengan kunjungan target pasar yang dituju. Lihat saja setiap kafe dan restoran yang baru dibuka selalu mengundang rasa penasaran dan dipenuhi oleh tamu-tamu. Membuka bisnis kuliner memang notabene menguntungkan karena setiap manusia pasti butuh makan. Tinggal bagaimana sang pemilik meramu dan meracik menu makanannya sehingga menghasilkan cita rasa yang pas di lidah.

Biasanya kaum muda menyenangi konsep restoran yang unik dan harga menunya terjangkau. Sebagai sesama generasi muda gunakan kreativitas Anda untuk menarik pasar muda. Misalnya, pemilihan nama menu yang tidak biasa, merancang tampilan makanan semenarik mungkin. Cara lain bisa juga membuat konsep restoran seperti taman bermain atau menggunakan mobil usaha (food truck) seperti yang sedang ramai sekarang ini. Selain menggunakan tempat, bisnis kuliner juga bisa dilakukan melalui bantuan media sosial. Saat ini bisnis kuliner melalui media sosial sudah mulai ramai di instagram.

2. Agen Perjalanan

Punya hobi gemar liburan dan jalan-jalan? Mengapa tidak menjadikan hobi Anda tadi sebagai sumber uang. Apalagi jika Anda sering dijadikan ketua rombongan dan penunjuk jalan oleh teman-teman Anda. Coba buat usaha travel agen sendiri. Anda bisa merancang jadwal perjalanan pada setiap destinasi yang hendak dituju. Manfaatkan kontak dan jaringan yang Anda miliki saat sedang berjalan-jalan seperti penyedia transportasi, akomodasi sampai restoran. Mereka akan membantu Anda untuk menyediakan fasilitas kepada tamu-tamu tur yang Anda bawa.

Bisnis agen perjalanan ini ada untung dan ruginya. Keuntungannya, Anda bisa mewujudkan hobi Anda jalan-jalan ke beberapa destinasi bahkan yang belum pernah dikunjungi sekaligus dan tentunya gratis. Bahkan mendapat uang atau keuntungan. Sedangkan ruginya, bila acara perjalanan kacau dan membuat tamu-tamu tidak puas siap-siap dengan komplain mereka. Mereka bisa saja menolak untuk merekomendasikan dan menggunakan jasa Anda kembali.

3. Event Organizer

Teman-teman sering memuji kepiawaian Anda dalam mengumpulkan satu angkatan saat reuni. Bahkan tempat-tempat yang Anda pilih dan acara-acara yang dibuat selalu mendapat pujian dari teman-teman. Setiap ada acara kumpul-kumpul, Anda selalu dinobatkan menjadi ketua penyelenggara. Nah, ternyata tanpa disadari bakat sebagai penyelenggara acara atau lebih dikenal sebagai EO melekat pada diri Anda. Modal ini bisa dijadikan untuk membuat jasa EO. Baik untuk acara reuni, ulang tahun, sampai meeting korporat. Untuk lebih memperkuat usaha Anda, ajak beberapa teman dan saudara yang punya minat dan bakat sama. Bila usaha Anda sudah terbentuk segera promosikan melalui media sosial atau yang lebih cepat dari mulut ke mulut. Sebagai batu loncatan Anda bisa menawarkan jasa untuk membuat acara ulang tahun keponakan atau ulang tahun pernikahan orang tua Anda.

4. Bisnis Online

Membuka bisnis online adalah salah satu usaha yang sedang digemari kaum muda. Praktis, cepat dan mudah. Modal utamanya hanya perlu telepon pintar sebagai media promosi ditambah akun media sosial. Bisnis online sangat marak dan digandrungi oleh kaum muda sebagai sarana untuk belanja. Pembelanjaan melalui online lebih ringkas, cepat dan santai. Tinggal buka internet sudah tersedia berbagai toko online yang menawarkan segala jenis perlengkapan mulai dari pakaian, alat elektronik, alat kecantikan, dan lain-lain. Bisnis online di Indonesia pun semakin marak di facebook, twitter, dan sudah merambah instagram. Jadi manfaatkan akun-akun media sosial untuk menjadi alat promosi yang tepat.

Bila memiliki modal cukup besar, Anda bisa membuat situs sendiri dan mendesainnya semenarik mungkin. Tentukan produk apa yang hendak ditawarkan. Umumnya kalangan muda lebih menyukai produk fashion seperti baju, tas dan sepatu. Memulai usaha bisnis online harus memerhatikan beberapa faktor yaitu kecepatan dan ketepatan pengiriman, kemudahan akses, keakuratan informasi dan kepercayaan pelanggan. Kalau pelanggan puas dengan pelayanan Anda maka jangan heran bila suatu saat akan kebanjiran pesanan dan toko online Anda semakin besar.

5. Fotografi

Suka memotret dan kerap diminta tolong untuk mengabadikan acara keluarga dan pesta pernikahan rekan? Rasanya Anda cocok untuk membuka bisnis fotografi. Siapa sangka dari hobi bisa bergulir menjadi ladang uang. Jika Anda salah satu penikmat fotografi, maka jangan menyia-nyiakan kemampuan Anda. Bisnis studio fotografi akan menjanjikan prospek yang baik ke depan. Untuk memulai bisnis ini hanya dibutuhkan strategi promosi serta kualitas pelayanan yang memuaskan pelanggan.

Masih ragu mau membuka usaha sendiri? Temukan jenis usaha yang sesuai dengan kemampuan dan keahlian Anda. Jadi manfaatkan masa muda Anda dengan hal-hal positif. Selamat berkarya! (marketing.co.id)

Mari berkomentar dengan santun !