Akademi Komunitas Logistik Dibuka di Batu Bara

Bupati Batu Bara OK Arya Zulkarnain (kiri) dan pimpinan tim verifikasi dari Ditjen Dikti (kanan) menandatangani naskah kesepahaman bersama (MoU), di Limapuluh, Senin (12/5). MoU tersebut terkait dengan rencana pendirian Akademi Komunitas di Kabupaten Batu Bara. (Foto: Antara Sumut/ist)

Bupati Batu Bara OK Arya Zulkarnain (kiri) dan pimpinan tim verifikasi dari Ditjen Dikti (kanan) menandatangani naskah kesepahaman bersama (MoU), di Limapuluh, Senin (12/5). MoU tersebut terkait dengan rencana pendirian Akademi Komunitas di Kabupaten Batu Bara. (Foto: Antara Sumut/ist)

Batu Bara – Bupati Batu Bara, H OK Arya Zulkarnain SH MM mengungkapkan bahwa Batu Bara Logistik Community College (BBLCC) atau Akademi Komunitas Logistik, telah membuka pendaftaran untuk calon mahasiswa baru terhitung dari tanggal 18 hingga 26 Agustus 2014. ”Ini merupakan penerimaan mahasiswa baru untuk tahun ajaran baru 2014/2015,” sebut OK Arya. Hal ini menurut OK Arya berdasarkan Pe­ngu­muman Hasil Seleksi Penerimaan Calon Akademi Komunitas Tahun 2014, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No 4807/E.E2.1/KL/2014, dimana Akademi Komunitas Batu Bara salah satu dari 18 Akademi Komunitas kabupaten/kota yang dipilih oleh Dirjen Dikti, berdasarkan hasil evaluasi terhadap proposal dan visitasi Program Pendirian Akademi Komunitas dengan mempertimbangkan panduan penilaian dan mempertimbangkan kondisi kemampuan anggaran.

Ada 47 Akademi Komunitas yang mengajukan permohonan penerimaan mahasiswa baru, dan yang terpilih hanya 18 salah satunya Akademi Komunitas Batu Bara. Bagi calon Akademi Komunitas yang terpilih, akan ditunjuk perguruan tinggi negeri sebagai pembina guna menjamin kwalitas penyelenggaraan pendidikan sesuai ketentuan Permendikbud No.48 Tahun 2013. ”Dalam hal ini, Kabupaten Batu Bara mendapat pembinaan langsung dari perguruan tinggi ternama di Indonesia yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB), dan untuk mahasiswa pertama akan diterima 150 mahasiswa baru yang terdiri dari tiga jurusan yaitu program D2 Pergudangan, D2 Transportasi dan D2 Kepelabuhan yang akan mendapat pembinaan langsung dosen-dosen dari ITB,” jelas bupati.

Sementara itu, Kadis Pendidikan Kabupaten Batu Bara, Drs Darwis MPd mengungkapkan keberadaan BBLCC merupakan jawaban dari perkembangan pendidikan di Batu Bara yang mengarah pada substansinya, yakni mendukung operasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangke dan Kawasan Industri Aluminium Batu Bara. Keberhasilan mendapatkan Akademi Komunitas tersebut diakui Darwis, sangat menguntungkan masyarakat dan pembangunan daerah Batu Bara. Dia pun mengakui program ini termasuk terobosan yang dilakukan Bupati OK Arya Zulkarnain SH MM di bidang pendidikan. Dia juga mengharapkan, putra terbaik Batu Bara untuk segera mendaftarkan dirinya di Akademi Komunitas itu dan jangan sampai Akademi Komunitas tersebut diisi lebih banyak orang luar dibandingkan orang Batu Bara sendiri.

Prof Dr Ir Senator, Nur Bahagia salah seorang dosen pengajar dari ITB ketika meninjau persiapan sarana belajar dan mengajar mengatakan, untuk sementara Batu Bara sudah memiliki fasilitas yang mumpuni untuk menjalankan Akademi Komunitas Negeri, dilihat dengan berbagai fasilitas yang dimiliki di area SMK 1 Air Putih. ITB akan mengirimkan tenaga pengajar yang terbaik untuk Kabupaten Batu Bara, di samping itu juga akan direkrut tenaga pengajar lokal lainnya yang sebelumnya akan diseleksi oleh ITB. (raka/jurnalasia) 

Mari berkomentar dengan santun !