Benahi RTLH, Dinsos Batu Bara Gandeng Swasta

Batu Bara- Kepala Dinas Sosial Kabupaten Batu Bara, Iskandar Lubis mengungkapkan, SKPD yang dipimpinnya saat ini tengah fokus pada upaya untuk melakukan pembenahan terhadap Rumah Tak Layak Huni (RTLH). Untuk program itu, pihaknya telah menggandeng sejumlah pihak di antaranya kalangan dunia usaha yang beroperasi di daerah setempat.

“Kami terus ke lapangan untuk membenahi rumah tak layak huni itu. pihak swasta kita ajak kerja sama agar bisa membantu melalui dana CSR (corporate social responsibility),”kata Iskandar kepada sejumlah wartawan di Lima Puluh, kemarin.

Sejauh ini, menurut Iskandar, beberapa perusahaan telah berhasil dirangkul untuk memperbaiki kondisi rumah rakyat miskin. Di antaranya PT Inalum 35 unit, PTPN III 13 unit, PTPN IV 10 unit, PT Perkebunan Sumatera Utara 5 unit, PT Connex 15 unit, RM 100 1 unit.

Selain itu, perusahaan lainnya juga sudah menyatakan kesiapan, namun belum memberikan jumlah bantuan, di antaranya PT Multimas Nabati Asahan. Yang menggembirakan lagi, yaitu selain perusahaan bantuan yang diperoleh dari kalangan perorangan juga diterima Dinsos, seperti dari pengusaha H Anif Shah yang memberikan kontribusi dengan kesiapannya membantu perbaikan 10 unit RTLH di Batu Bara.

Iskandar mengungkapkan, dalam program itu, Dinas Sosial tidak ikut dalam proses pengerjaan proyek. “Kami hanya berupaya mencarikan bantuan. Jadi, perusahaan itu sendiri yang akan membangun. kami tidak memegang anggarannya,”ujarnya.

Selain dari pihak swasta, Iskandar menyebut, bantuan untuk perbaikan pemukiman warga untuk tahun anggaran 2015 juga akan diterima dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dengan total angaran sekitar Rp3,2 miliar.(zn) andalas

Mari berkomentar dengan santun !