Dinas Pendidikan Batu Bara Akan Bangun Akademi Komunitas

Drs Darwis,M.Si

Drs Darwis,M.Si

Batu Bara – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara, Darwis mengatakan dalam waktu dekat pemerintah setempat akan mengalokasikan dana sekitar Rp 87 miliar bagi pembangunan gedung Akademi Komunitas (AK) di daerah itu. Pembangunan dilaksanakan secara bertahap dan rencananya dimulai pada Juli 2015 mendatang.

“Tahun lalu sebenarnya sudah berjalan, tapi sifatnya masih berupa pematangan lahan. Setelah pematangan selesai, butuh waktu delapan bulan lagi, untuk dibiarkan, lalu baru bisa dibangun,” kata Darwis kepada wartawan, kemarin di Lima Puluh.

Menurutnya, dalam rancangan, bangunan akademi dengan jenjang strata D II yang berbiaya cukup fantastis itu, akan dibangun berlantai dua dan terletak di Desa Perupuk. Selain dibiayai dari dana APBD, AK juga mendapatkan bantuan berupa dana sharing dari pemerintah pusat. “Besar dana sharing itu, minimal 10 persen dari anggaran biaya, itu yang akan kita terima,” sebut Darwis.

Selain itu, untuk memudahkan mahasiswa melaksanakan praktik, sejumlah perusahaan swasta juga telah berjanji untuk memberikan fasilitas peralatan yang dibutuhkan. Salah satu yang disebutkannya adalah Forklift.

“Ada perusahaan dari Belanda yang ingin membantu. Wakil Bupati yang telah mengupayakannya,”  sebut Darwis. Sejak Akademi Komunitas dibuka tahun lalu, saat ini tercatat telah mendidik 154 mahasiswa. Jumlah itu menurun dari jumlah awal yang terdaftar sebanyak 164 orang.

Sedangkan, dosen pengajar terdiri dari delapan orang yang direkrut berdasarkan kerja sama dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Sementara, dosen lokal sebanyak tiga3 orang. Seluruh tenga pengajar dibiayai dari program beasiswa berasal dari anggaran pendapatan dan belanja daerah. (zn) andalas

Mari berkomentar dengan santun !