Hasil Perolehan AKP Tidak Optimal, Ini Komentar Para Jurnalis Timur Tengah

Penghitungan suara hasil pemilu Turki 2015. (Anadolu)

Penghitungan suara hasil pemilu Turki 2015. (Anadolu)

Ankara. Hingga berita ini dinaikkan, penghitungan suara hasil pemilu legislatif Turki mencapai 93.1% (162.244 kotak suara).

Hasil sementara, AKP: 41.7% (262 kursi), CHP: 25.2% (129 kursi), MHP: 16.8% (84 kursi), HDP: 11.8% (75 kursi), dan Partai lain: 4.5%.

Walaupun memimpin perolehan, hasil Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) jauh dari yang ditargetkan, 400 kursi.

Partai Rakyat Demokratik (HDP), yang merupakan representasi kelompoka bersenjata Partai Buruk Kurdistan (PKK) dan pertama kali mengikuti pesta demokrasi ini, hasilnya mengejutkan 11.8%, atau melampai ambang batas parlemen (PT) 10%. Jadi akan ada empat partai yang masuk gedung parlemen.

AKP diperkirakan menghadapi kesulitan membentuk kabinet, kecuali bisa berkoalisi dengan salah satu partai parlemen.

Menanggapi hasil ini, jurnalis senior Arab Saudi, Jamal Khashoggi, menulis dalam akun twitternya, @Jkhashoggi, “Hasil pemilu Turki sangat memukul rakyat Suriah. Benar doa-doa rakyat Suriah akhir-akhir ini, bahwa hanya kepada Allah mereka bisa bergantung.”

Khashoggi beralasan, “Hanya AKP, partai Turki yang mendukung penyelesaian krisis-krisis di Timur Tengah. Partai yang lain jauh sekali..”

Sementara itu, jurnalis televisi Aljazeera, Ayman Azzam, melalui akun twitternya, @ayman_azzameg, menulis, “Kekalahan Erdogan sama saja dengan menghabiskan hasil Arabic Spring yang masih tersisa. Bashar di Suriah akan kuat lagi; kotornya As-Sisi akan semakin menyebar.” (msa/dakwatuna)

Mari berkomentar dengan santun !