Inalum Berikan Beasiswa Berbasis Desa

beasiswa inalum berbasis desa (Antarasumut/juraidi/ist)

beasiswa inalum berbasis desa (Antarasumut/juraidi/ist)

Batubara, 24/10 (Antarasumut) – PT Inalum (Persero) kembali menyerahkan Beasiswa Berbasis Desa kepada Murid SMA Sederajat di sekitar pabrik peleburan aluminium, Kuala Tanjung, Batubara belum lama ini.

Bantuan ini diserahterimakan secara simbolis oleh Drs.Darwis,M.Si selaku Kadisdik  Batubara dan Manajemen PT Inalum yang diwakili Arfan Iqbal Hrp, Manager Pemberdayaan Masyarakat didampingi Kolonel (Inf) Syamsu Rizal Hrp, Assisten to Director, A.Ganda Sukmana, Junior Manager Pemberdayaan Masyarakat, M.Iqbal Comdev Officer, dan Fahmi Comdev Operator kepada 70 Murid SMA/Sederajat.

W.Djoko Laksono dalam sambutannya yang dibacakan Syamsu Rizal mengatakan, bantuan ini adalah salah satu program pemberdayaan masyarakat PT Inalum di bidang pendidikan bagi masyarakat sekitar yang berbasis desa.

“Semoga bantuan ini dapat membantu murid-murid di sekitar operasi pabrik peleburan untuk melanjutkan dan menyelesaikan pendidikan di tingkat SMA dan Sederajat serta memberikan kontribusi bagi lingkungannya,” katanya.

Djoko menambahkan Program Beasiswa Berbasis Desa ini dibagi menjadi 2 aspek.

Yang pertama dari sisi ekonomi dan sosial, dimana penerima beasiswa
berasal dari keluarga kurang mampu yang direkomendasikan oleh Pemerintah desa terkait.

Sedangkan dari aspek prestasi, adalah penerima beasiswa yang
berasal dari SMA Mitra Inalum – Tanjung Gading.

Bantuan beasiswa yang diberikan adalah bantuan pendidikan sebesar
Rp.1.800.000 untuk satu tahun, dalam bentuk tabungan yang bekerjasama
dengan Bank BNI Kuala Tanjung.

Tujuannya adalah untuk memberikan edukasi tentang pentingnya menabung di usia dini. Sebelumnya juga sudah diberikan pelatihan tentang kewirausahaan dan motivasi serta bantuan perlengkapan
sekolah seperti Tas, Kaos Olahraga, Buku, Pulpen, Pensil, dan Kotak Pensil.

“Kami mengucapkan ribuan terima kasih kepada PT Inalum (Persero) karena tidak henti-hentinya memberikan bantuan kepada masyarakat sekitar.

“Khususnya dalam peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Batubara yang sama-sama kita cintai. Kami akan selalu berdoa, semoga PT Inalum tetap lancar operasionalnya dan semakin berkembang sehingga mendapatkan
keuntungan yang banyak,” kata Darwis M.Si.

“Dan kepada adik-adik kami, selalu bersyukur karena telah diberikan bantuan beasiswa ini. Kami himbau agar bantuan yang telah diberikan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga meningkatkan prestasi dan membawa nama baik PT Inalum,” lanjut Darwis.

Sebagai informasi, beasiswa berbasis desa adalah salah satu program
pemberdayaan masyarakat PT Inalum yang dilaksanakan secara berkesinambungan sejak tahun 2011.

Program yang menghormati kearifan lokal ini didasari dengan semangat bersama pemerintah dan masyarakat di desa-desa terdekat dengan operasi pabrik peleburan aluminium untuk merekomendasikan dan menseleksi calon penerima bantuan beasiswa berdasarkan pertimbangan
ekonomi, prestasi dan sosial.

Sekaligus berperan serta dalam mengawasi pemanfaatannya. Bantuan beasiswa ini dievaluasi di setiap semester berjalan.

Komitmen Inalum untuk memberikan bantuan pendidikan kepada masyarakat di sekitarnya yang sejalan
dengan kebijakan pemerintah dan kearifan lokal telah mendapatkan apresiasi dengan peringkat Gold dari Menteri Koordinator pembangunan Manusia dan Kebudayaan pada Indonesia CSR Awards 2014 di Jakarta.

Mari berkomentar dengan santun !