Inalum Gelar Pelatihan Pengemasan Produk

Logo baru InalumTanjung Gading,  Deputy General Manager Umum dan CSR PT Inalum (Persero) W Djoko Laksono mengatakan, pela­tihan merupakan program pem­ber­dayaan untuk meningkatkan kom­pe­trensi dan kemampuan usaha kecil menjadi tangguh dan mandiri.

Djoko Laksono mengatakan hal tersebut dalam sambutan tertulis dibacakan Manager Pemberdayaan Masyarakat Arfan Iqbal Harahap pada pembukaan pelatihan pengemasan produk makanan dan usaha bengkel perahu nelayan di Gedung MPH Tanjung Gading Kecamatan Sei Suka Batuabra Senin (19/1).

Menurut Djoko, pelatihan itu digelar selama dua minggu, 19 sampai 31 Januari 2015. Minggu pertama khusus untuk usaha penegemasan produk makanan dan minggu kedua, usaha bengkel perahu nelayan.

Pelatihan mencakup motivasi dan pengantar kewirausahawan, peren­ca­naan dan manajemen bisnis. Wawasan dasar tentang kemasan dan pe­nge­masan, praktik desain pengemasan dengan mesin standar, wawasan dasar tentang montir, praktik pekerjaan montir dan peengelasan, studi banding dua hari dan evaluasi kegiatan.

Kepada peserta juga akan dise­rah­kan sertifikat. Kesemua dana men­ca­pai Rp60 juta. Selama empat bulan manajemen PT Inalum mela­kukan pemantauan.

Pelatihan itu diikuti 15 peserta. Usaha produk makanan, tiga di anta­ranya dari Kuala Tanjung, dua Kuala Indah dua Desa Lalang, lainnya masing-masing satu dari Desa Me­dang, Lubuk Keladi dan Gambus Laut.

Lima bengkel perahu, Zulkifli Zein (Kuala Tanjung), Bestari (Kuala Indah), Ramli (Gambus Laut), Amri (Medang) dan Irwansyah (Desa La­lang).

Pelatihan itu Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Sei Suka Razali Husin. Sekcam mengucapkan terima kasih kepada manajemen Inalum menggelar pelatihan untuk peningkatan kualitas produk usaha warga.

Acara yang dipandu THA Ofan tersebut diakhiri penyerahan tas kepada peserta. Pada acara itu Arfan Iqbal Harahap didampingi stafnya Fahmi Hidayat. (al)(Analisa).

Mari berkomentar dengan santun !