Manfaat Karkadeh (Rosella) Bagi Kesehatan

Bunga Karkadeh, Rosella (inet)

Bunga Karkadeh, Rosella (inet)

Di Timur Tengah, bunga rosella ini dikenal dengan nama karkadeh. Jika kita ke Mesir, bunga kering karkadeh ini banyak ditemukan di kawasan wisata Husain yang bersebelahan dengan kampus Universitas Al-Azhar, Kairo.

Selain di Mesir, di negara-negara Arab dan Afrika bunga kering yang siap saji ini juga banyak ditemukan. Jamaah haji kita dapat menemukan karkadeh ketika mereka berada di negara Saudi.

Bunga karkadeh yang sudah kering dan siap diseduh untuk disajikan sebagai teh banyak memberikan manfaat bagi kesehatan. Dalam bahasa latin, nama bunga tersebut adalah hibiscus sabdariffa linn. Di Indonesia bunga ini belakangan mulai digemari dan menjadi alternatif minuman selain teh yang biasa diminum orang.

Tanaman ini bermanfaat baik untuk kesehatan. Kandungan vitamin C yang cukup membuat orang yang meminum teh karkadeh secara rutin akan terjaga staminanya. Selain vitamin, karkadeh juga mengandung kalsium yang berguna untuk mencegah tulang keropos, ditambah lagi kandungan lainnya yang bermanfaat untuk tubuh.

Menurut Depkes RI No. SPP. 1065/35.15/05, seperti dinukil massaidi.blogspot.com disebutkan bahwa setiap 100 gr rosella mengandung 260-280 mg vitamin C, vitamin D, B1 dan B2. kandungan lainnya adalah kalsium 486 mg, omega 3, Magnesium, beta karotin serta asam amino esensial seperti lysine dan agrinine. Bunga karkadeh juga kaya akan serat yang berguna untuk kesehatan pencernaan.

Selain dapat dijadikan sebagai minuman, karkadeh juga dapat dijadikan bahan selai untuk mendapatkan selai yang berwarna merah cerahnya.

Di antara khasiat karkadeh adalah menetralkan racun (detoksifikasi), menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol, menurunkan kadar gula, melindungi dari infeksi, menghambat tumbuhnya kanker, meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, memperbaiki metabolisme tubuh, menormalkan kadar asam urat, memperlancar peredaran darah, memperkuat pembuluh darah, menjaga dan meremajakan kulit, menurunkan tingkat penggumpalan lemak di hati, mencegah pendarahan bagi ibu hamil. (usb/dakwatuna)

Mari berkomentar dengan santun !