Manfaatkan Gencatan Senjata, Iran Kirim Bantuan Kepada Pemberontak Syiah Houthi

kapal perang iranSebuah kapal berisi bantuan kemanusiaan milik pemerintah Teheran dikabarkan telah berlayar menuju pelabuhan Hodeidah sejak Minggu (10/05) malam, ditengah perjanjian gencatan senjata kemanusiaan di Yaman yang akan berlangsung hari Selasa (12/05).

Seperti dilansir kantor berita Tasneem mengungkapkan bahwa perahu tersebut membawa sekitar 2.500 ton bantuan kemanusiaan seperti makanan dan obat-obatan yang ditujukan kepada warga Yaman dibawah kendali pemberontak Syiah Hothi.

Sementara itu sejumlah pengamat menyatakan bahwa ini adalah bentuk provokasi terbaru dari Iran ditengah upaya damai, setelah pada bulan April lalu mereka mengirimkan 9 kapal perangnya menuju perairan Yaman.

Negara-negara Sunni Teluk Arab percaya bahwa Iran mendukung kelompok Syiah Houthi untuk mendapatkan pijakan mereka di wilayah Semenanjung Arab.

Sebelumnya dalam pernyataannya pada hari Minggu (10/05) kemarin, pemberontak Syiah Houthi mengumumkan menerima gencatan senjata kemanusiaan selama 5 hari yang akan dimulai hari Selasa esok. (Rassd/Ram) Eramuslim

Mari berkomentar dengan santun !