Operasi “Decisive Storm” Targetkan Kamp Militer Pemberontak Syiah Yaman

Tank-tank pasukan Teluk “Decisive Storm”

Tank-tank pasukan Teluk “Decisive Storm”

Sanaa – Jet tempur pasukan koalisi negara-negara Teluk menggempur kamp Pengawal Republik di ibukota Yaman, Sanaa dalam lanjutan Operasi “Decisive Storm”. Pada hari kedua kampanye militernya ini, jet koalisi menargetkan markas utama Syiah Hautsi dan kamp-kamp mereka pada hari Jumat, (27/03), lapor Al Arabiya News Channel.

Serangan itu terjadi setelah ledakan kuat mengguncang Sanaa pada Kamis malam saat pasukan koalisi melakukan serangan udara terhadap pemberontak Syiah yang mengendalikan Sanaa.

“Kapal perang Saudi dan Mesir dikerahkan pada Jumat di selat Bab al-Mandab pesisir Yaman untuk mengamankan jalan laut strategis,” kata pejabat militer Mesir. Ini bertujuan untuk membuka jalan bagi operasi darat, seperti dilansir Associated Press.

Sebelumnya pada hari Jumat, mantan Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh – yang bersekutu dengan para pemimpin Syiah Hautsi dan sebagian besar tentara – menyerukan gencatan senjata dan dimulainya kembali dialog yang dimediasi PBB antara pihak yang bertikai.

Saksi mata mengatakan serangan udara oleh pasukan koalisi menargetkan anggota militer loyalis Saleh dan pemberontak Syiah Hautsi di kamp militer Al-Istiqbal, sebelah barat dari ibukota.

Pasukan Pengawal Republik dipercaya sebagai loyalis Ali Abdullah Saleh, meskipun ia dilengserkan dari kekuasaan pada tahun 2011 setelah protes massa terhadap pemerintahannya. Namun, Saleh masih sangat berpengaruh di militer.

Sebagian warga Yaman juga memandang Saleh, seorang pengecam keras Presiden AbduRabbu Mansour Hadi, sebagai penghasut di belakang perluasan gerakan pemberontak Syiah Hautsi.

Para saksi juga mengatakan bahwa serangan udara koalisi juga menetralisir sebuah kamp militer di utara Sanaa, yang dilaporkan mendukung Ahmed Ali Saleh, putra mantan pemimpin yang telah memerintah Yaman selama 33 tahun.

Operasi “Decisive Storm” juga meluncurkan serangan udara di selatan Yaman, lokasi yang tengah coba direbut Syiah Hautsi dan sekutu mereka. Mereka menargetkan kamp militer al-Anad, yang telah direbut pada Rabu lalu.

Sumber suku juga mengatakan pesawat tempur koalisi menyerang rumah-rumah di dua distrik provinsi utara pemberontak Syiah Hautsi sekitar subuh pada Jumat.

“Serangan menghantam pasar di Kataf al Bokaa di utara provinsi Saada, menewaskan atau melukai 15 orang,” kata mereka. KIBLAT.NET

 

Sumber: Al-Arabiya
Penulis: Fajar Shadiq

Mari berkomentar dengan santun !