Pagurawan Kecamatan Baru di Batubara

Indrapura, Pagurawan ditetapkan sebagai kecamatan kesembilan di Kabupaten Batubara setelah mekar dari induknya Medang Deras, Jumat (26/9).

Camat Medang Deras Ramlis yang memandu pertemuan program pemekaran tersebut mengatakan, pada wilayah kecamatan baru Pagurawan itu tergabung tiga kelurahan dan tujuh desa.

Tiga kelurahan, Pagurawan sendiri, Pangkalan Dodek dan Pangkalan Dodek Baru. Tujuh desa, Sei Buah Keras, Aek Nauli, Sidomulyo, Nanasiam, Durian, Pemartang Nibung dan Medang Baru.

Sedangkan kecamatan induk Medang Deras pusat pemerintahannya dipindahkan ke Pematang Cengkring. Wilayahnya sebelas desa.

Selain Pematang Cengkring, juga Cengkring Pekan, Pakam, Pakam Raya, Pakam Raya Selatan, Lalang, Madrasah, Sei Rakyat, Sei Raja, Tanjung Sigoni dan Medang.

Selain tokoh masyarakat dan semua kepala desa, turut hadir sekaligus menyampaikan saran dan berbagai pertimbangan pada acara pemekaran tersebut, anggota DPRD Batubara Buyung S Pdi.

Kamis sebelumnya, Laut Tador juga ditetapkan sebagai kecamatan baru, mekar dari Kecamatan Sei Suka. Lima lagi kecamatan induk di Batubara adalah, Air Putih, Limapuluh, Tanjung Tiram, Sei Balei dan Kecamatan Talawi. Kecuali Sei Balei, empat lainnya juga diprogramkan akan dimekarkan. (al) (Analisa)

Mari berkomentar dengan santun !