[Partisipasi di Toba Go Green 2014] PT Inalum (Persero) Sumbang 30.000 Pohon

 Tanam Pohon Pemberdayaan Masyarakat, Arfan Iqbal Harahap menanam pohon di program Toba Go Green. (medanbisnis/ist)


Tanam Pohon Pemberdayaan Masyarakat, Arfan Iqbal Harahap menanam pohon di program Toba Go Green. (medanbisnis/ist)

inalum sumbang pohonSimalungun. PT Inalum (Persero) berpartisipasi dalam program Toba Go Green 2014 di Parapat, Kabupaten Simalungun, dengan menyumbangkan 30.000 pohon pada kegiatan yang digagas Kodam I BB sejak 2011 lalu itu.
Direktur Utama PT Inalum, Ir Winardi mengatakan pihaknya sangat mendukung program Toba Go Green. Tahun ini Inalum turut berpartisipasi dalam membantu pengadaan, penanaman dan pemeliharaan 30.000 ribu pohon atau senilai Rp 300 Juta. Penanaman serentak yang akan dilaksanakan oleh Kodam I Bukit Barisan dan berbagai pihak itu di sekitar Danau Toba, akan direalisasikan dalam dua tahap penanaman sesuai jadwal musim tanam dan penghujan.

Keikutsertaan ini merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat atau bina lingkungan PT Inalum untuk bidang lingkungan, khususnya pelestarian kawasan Danau Toba.

“Kami sangat memahami bahwa bantuan ini jauh dari mencukupi, namun kami percaya dan berhahap Kodam I Bukit Barisan dan jajarannya bekerjama sama dengan pemangku kepentingan terkait, dapat terus berkomitmen untuk menanam, memelihara dan memantau perkembangan bantuan pohon tersebut, secara berkesinambungan guna kelestarian alam Danau Toba bagi kita dan generasi mendatang,” terang Ir Winardi lewat Deputy General Manajer, Djoko Laksono didampingi Manajer Pemberdayaan Masyarakat, Arfan Iqbal Harahap, Kamis (25/9).

Program Toba Go Green mencanangkan penanaman dan pemeliharaan 40 juta pohon, yang mengikut instruksi presiden untuk penanaman 1 miliar pohon di tanah air. Setelah 4 tahun berjalan, pohon yang berhasil ditanam mencapai 2.525.745 batang. Pohon tersebut ditanami di lahan kritis di sekitar Danau Toba yang mencapai 380 ribu hektare di kawasan, Dairi, Humbahas, Tobasa, Taput, Simalungun, Samosir dan Karo.

Pada lanjutan Toba Go Green tahun ini ditargetkan ditanam 1 juta pohon, yang sudah terealisasi adalah 345.490 batang pohon. Pada kegiatan Toba Go Green yang digelar di Parapat , ditargetkan penanaman 5.000 pohon.

Kadis Kehutanan Sumut, Halen Purba mewakili Gubsu menjelaskan bahwa even yang digagas dan digelar Kodam I/BB ini sangat diapresiasi. Di Sumut sendiri menurut Halen, program penanaman pohon selalu melewati target.

“Kita ingin membudayakan penanaman pohon di Sumut. Tak hanya menanam kita juga harus memelihara. Di Sumut sudah kita canangkan bulan pemeliharaan pohon yang jatuh pada bulan Maret. Ini menjadikan kita satu-satunya provinsi yang di Indonesia yang punya bulan pemeliharaan pohon,” terang Halen. (rel/diur) (medanbisnis)

Mari berkomentar dengan santun !