Presiden: Pelabuhan Kuala Tanjung Bakal Besar Sekali

presiden-ri-joko-widodo-sebelum-menaiki-heli-jokowi

Presiden RI Joko Widodo sebelum menaiki heli yang akan diterbangkan menuju Pelabuhan Kualatanjung, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, Selasa (27/1/2015).

MEDAN – Presiden Joko Widodo mengatakan, Pelabuhan Multipurpose Kuala Tanjung akan menjadi pelabuhan yang sangat besar.

“Pelabuhan Kuala Tanjung akan menjadi pelabuhan terbesar di Indonesia bagian barat. Kapasitasnya 60 juta TEUs (twenty-foot equivalent units) per tahun. Ini besar sekali,” kata Jokowi saat groundbreaking Pelabuhan Kuala Tanjung, Batubara, Selasa (27/1/2015).

Presiden membandingkan kapasitas Pelabuhan Kuala Tanjung dengan Pelabuhan Tanjung Priok. Menurutnya, bahkan kapasitas terencana Pelabuhan Tanjung Priok untuk dua tahun mendatang hanya 15 TEUs.

Menurutnya, Pelabuhan Kuala Tanjung adalah bagian dari proyek terintegrasi bersama dengan Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei di Simalungun yang diplot sebagai kawasan industri pengolahan hasil bumi Sumut.

“Saya berharap dengan proyek terintegrasi ini tidak ekspor bahan mentah tidak ada lagi. Semua sudah setengah jadi atau barang jadi neraca sehingga perdagangan kita surplus dan baik. Melompat naik,” ujarnya.

(ton/tribun-medan.com)

Mari berkomentar dengan santun !