Proyek BBR Diduga Bermasalah, Kadis Sosial: Saya Akan Putuskan Kontrak

kadis-sosialBeritabuana.com–Merebaknya kabar mengenai dugaan penyimpangan dalam penyaluran bantuan bahan bangunan rumah (BBR) bagi rakyat miskin, membuat Kepala Dinas Sosial Kabupaten Batubara, Bahrumsyah mengambil sikap tegas. Kadis yang baru beberapa bulan menduduki jabatannya itu, akhirnya bersikukuh untuk melakukan pemutusan kontrak pengadaan material dari pemenang tender.

“Ya. Saya akan putuskan kontrak mulai besok” kata Bahrumsyah kepada Beritabuana.com, Limapuluh (28/12) ia mengungkapkan, selain berasal kabar miring yang beredar, kebijakan untuk memutus kontrak bernilai lebih Rp.800 juta yang didanai P-APBD tersebut, juga berdasarkan hasil laporan dari tim pemantau yang ditugaskan ke lapangan.

“Saya dikasih tahu oleh tim, banyak material yang tidak sesuai spek (spesifikasi) misalnya itu kayu semestinya itu jenis kayu keras hutan, tapi ternyata tidak begitu” terang Kadis yang mengaku baru usai melakukan pertemuan dengan masyarakat penerima bantuan.

Namun ia tidak menjelaskan secara rinci mengenai apa tindakan lanjut terhadap proyek ditenggat selesai pada 28 Desember 2015 tersebut.

Terkait dengan munculnya rencana pemutusan kontrak itu, Kepala Bidang Bina Bantuan Sosial, Tengku Darhamsyah, mengakui adanya kesalahan dalam penyaluran bantuan. “Ya ada kayunya yang salah kirim” katanya singkat.

Sayangnya ia tidak memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai terjasinya masalah mengenai kulaitias material yang disalurkan, termasuk siapa pihak yang paling bertanggungjawab mengenai hal itu.

Darhamsyah juga tak mengungkapkan nama perusahaan yang memenangkan tender BBR yang bernilai ratusan juta itu. Tapi ia menginformasikan bahwa dirinya dan Kepala Dinas akan mengadakan pertemuan untuk membicarakan mengenai kebijakan pemutusan kontrak tersebut. ****khairul indra

Mari berkomentar dengan santun !