Pusat Naikkan DAK Pertanian Sumut Seribu Persen

Mentan di simodongMEDAN – Menteri Pertanian Amran Sulaiman menanam padi perdana menggunakan  transplanter atau mesin tanam padi di Desa Simodong Kabupaten Batubara Kecamatan Sei Suka Kabupaten Batubara, Rabu (22/4).

Usai melakukan penanaman, Mentan kemudian menantang Gubernur Sumatera Utara (Gubsu)  Gatot Pujo Nugroho untuk menaikkan produksi beras.

Dalam pertemuan santai yang saat itu dihadiri ratusan petani, Amran Sulaiman mengatakan pemerintah mencoba menyelesaikan persoalan pertanian satu per satu. Mulai dari tenaga penyuluh, pupuk, bahkan anggaran bantuan untuk Sumut.

“Ada 27.000 Petugas Penyuluh Lapangan di Indonesia, masih ada kekurangan 43.000 orang. Kami mencoba menyelesaikan satu per satu,” ujarnya.

Dia menyebutkan tahun ini anggaran untuk pertanian yang disahkan mencapai Rp 16,9 triliun yang ditambahkan Dana Alokasi Khusus (DAK). Ini, ucapnya, bisa terjadi karena dukungan dari komisi 4 DPR RI dan juga dukungan DPD RI asal Sumut Parlindungan Purba.

Khusus untuk Sumut, lanjutnya, bantuan untuk Sumut sebesar Rp 1,14 triliun. Dia mengatakan terjadi kenaikan bantuan jika dibandingkan pada tahun lalu yang hanya tercatat Rp 100 miliar.

“Pak Kadis berapa usulan kenaikan (anggaran)? Pak Kadis bilang 20 persen. Kami beri 1.000 persen, tahun depan 2.000 persen. Saya menantang Pak Gubsu untuk menaikkan produksinya, melalui Pak Kadis Pertanian,” ujarnya sembari bertanya kepada para petani saat itu.

Selain persoalan itu, kata Amran, masalah distribusi pupuk yang sebelumnya bermasalah di seluruh Indonesia. Insya Allah, katanya, pada tahun ini dan kedepan sudah selesai.

Pada kesempatan itu juga, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Gatot Pujo Nugroho mengatakan program ini merupakan tindak lanjut kerjasama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) bersama Kodam I Bukit Barisan dimana dalam MoU bagaimana Sumut menjadi lumbung padi tingkat nasional.

Gubsu menyebutkan, produksi beras Sumut mencapai 3,6 juta ton pada tahun lalu. Bersama dengan Kodam I BB, maka produksi beras ditargetkan pada 2015 mencapai 4,136 juta ton. “Karena ditantang oleh Pak Menteri Pertanian, target harus lebih. Akhirnya kami bersepakat dari 3,6 juta ton produksi tahun lalu menjadi 4,6 juta ton,” katanya.

Gubsu menyebutlan Desa Simodong-Kabupaten Batubara memiliki luas lahan 17.773 hektare dengan luas sawah 365 hektare. Kondisi irigasi teknis dan air tersedia dengan baik.

Dilaog yang dipimpin oleh Gubsu itu dihadiri oleh Anggota Komisi IV DPR RI Anton Sihombing, DPD RI Parlindungan Purba, Pangdam I BB Edy Rahmayadi Kepala Dinas Pertanian Sumut M Roem, Bupati Batubara OK Zulkarnaen, Kepala Bakorluh Bonar Sirait beserta jajaran SKPD Pemprovsu dan Batubara.

Pada saat itu juga Menteri Pertanian Amran Sulaiman juga memberikan bantuan kepada kelompok tani setempat. Bantuan yang diberikan berupa handtractor yang diberikan kepada 4 kelompok tani, benih diberikan kepada 5 kelompok tani, pompa air kepada 11 kelompok tani. [ WOL]

Mari berkomentar dengan santun !