Resmikan Masjid di Cilodong, Syeikh As-Sudais; Terima Kasih Indonesia

Imam dan Khatib Masjidil Haram Syaikh as-Sudais menyampaikan titipan salam dari pemerintah dan seluruh ulama di Kerajaan Saudi Arabi untuk umat Islam di Indonesia.

Imam dan Khatib Masjidil Haram Syaikh as-Sudais menyampaikan titipan salam dari pemerintah dan seluruh ulama di Kerajaan Saudi Arabi untuk umat Islam di Indonesia.

Acara peresmian Masjid al-Ikhlash Permata Duta, Cilodong, Depok, Jawa Barat, Kamis, 6 Muharram 1436 H (30/10/2014) berjalan lancar. Peresmian itu ditandai dengan penandatanganan prasasti masjid di antaranya oleh Imam Masjidil Haram Syeikh Dr Abdurrahman bin Abdul Aziz as-Sudais.

Sebelum penandatanganan itu, Syaikh as-Sudais menyampaikan sambutan dan tausiyah selama sekitar 15 menit. Di depan 300 orang lebih jamaah yang hadir, as-Sudais berterima kasih kepada umat Islam di Indonesia.

“Suatu kehormatan bagi saya dapat hadir di hadapan bapak-bapak, saudara-saudara sekalian,” ujarnya melalui seorang penerjemah usai shalat Maghrib berjamaah di ruang utama masjid.

“Kami sampaikan salam takzim dan hormat dari Penjaga Kedua Tanah Suci (Makkah-Madinah. Red), dan juga semua ulama yang ada di Saudi, menyampaikan salam hormatnya kepada bapak-ibu yang hadir di tempat ini,” tambah as-Sudais yang tampil dengan seragam kebesaran khas Kerajaan Arab Saudi.

As-Sudais pun menyampaikan apresiasinya atas peresmian Masjid al-Ikhlash. Ia mengatakan, masjid merupakan rumah Allah, maka membangun masjid adalah tindakan terhormat.

“Kami ucapkan selamat kepada bapak-bapak sekalian atas diresmikannya masjid ini,” ujarnya, lantas memuji pemilihan nama “al-Ikhlas” untuk masjid itu.

Ia mengatakan, ikhlas atau keikhlasan merupakan syarat penting dan suatu keharusan dalam melaksanakan segala ibadah. Pemilihan nama masjid itu pun dinilainya sangat penting.

Masjid Lama Dibangun Kembali

Prasasti Masjid al-Ikhlash juga ditandatangani oleh Syeikh Musthofa Ibrohim al-Mubarok (Duta Besar Kerajaan Saudi Arabia di Indonesia), Syeikh Dr Ibrahim bin Sulaiman al-Naghaimshi (Atase Agama Kedutaan Saudi Arabia di Indonesia), dan Idris Abdul Somad (Wakil Wali Kota Depok).

Dalam acara yang digelar Dewan Kemakmuran Masjid al-Ikhlash dan Atase Agama Kedutaan Saudi Arabia di Indonesia ini, as-Sudais mengimami shalat Maghrib dan Isya’ di masjid tersebut. Tampak hadir Wakil Ketua Majelis Ulama dan Intelektual Muda Indonesia (MIUMI) yang juga Ketua DPP Wahdah Islamiyah Ustadz Zaitun Rasmin.

Tampak para kaum Muslimin dan Muslimah berbondong-bondong ke tempat acara ini jauh sebelum kedatangan as-Sudais. Mulai anak kecil hingga pria tua menyambut dengan antusias kehadiran pria yang juga Khatib Masjidil Haram itu. Antusiasme umat Islam itu pun direspon positif oleh as-Sudais.

Syukron, terima kasih!” ujarnya dengan bahasa Arab, lalu disambung artinya dengan berbahasa Indonesia yang diucapkan dengan agak mengeja.

Masjid al-Ikhlash berada di kompleks Perumahan Permata Duta, Jl HM Nasir, Kelurahan Cilodong, Kecamatan Cilodong (sekaligus ralat berita sebelumnya, bukan di Sukmajaya). Menurut salah seorang panitia acara, Yunus, masjid berlantai dua ini sebenarnya sudah berdiri sejak lama. Namun –setelah dirubuhkan– dibangun kembali dengan bantuan Atase Agama Kedutaan Saudi Arabia di Indonesia.

“Saat ini pembangunannya sedang berjalan, sudah sekitar 90 persen,” ujar Yunus yang juga staf atase tersebut.*

Rep: Muh. Abdus Syakur

Editor: Cholis Akbar

(Hidayatullah.com)

Mari berkomentar dengan santun !