Sertijab Pangdam I/BB, Gatot Apresiasi Pengabdian TNI AD

sertijab-gatotMEDAN  – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Gatot Pujo Nugroho, atas nama Pemprov dan masyarakat Sumut, menyampaikan terima kasih atas pengabdian Mayjen TNI Winston P. Simanjuntak selama menjabat sebagai Pangdam I Bukit Barisan (BB). Hal ini disampaikan Gatot saat mengadiri apel gelar pasukan dalam serah terima jabatan (sertijab) Pangdam I/BB di Lapangan Upacara Makodam I/BB, Kota Medan, Jumat (30/1).

“Kami juga mengucapkan selamat bertugas kepada Mayjen TNI Edy Rahmayadi selaku Pangdam BB/I yang baru, dan mendoakan dapat sukses dalam menjalankan tugas dengan baik,” kata Gatot.

Mayjen TNI Winston P. Simanjuntak, dalam sambutannya, mengucapkan selamat kepada Mayjen TNI Edy Rahmayadi atas jabatan baru sebagai Pangdam I/BB. Winston juga menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada FKPD (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) Sumut beserta jajarannya atas dukungan serta kerja sama yang telah diberikan selama ia menjabat.

“Saya yakin Pangdam baru akan lebih memajukan Kodam I/BB. Saya pribadi mohon diri karena saya telah menyelasaikan tugas sebagai Pangdam dan hari ini saya menyerahkan komando ini. Saya harap kerjasama dengan FKPD Sumut dapat diteruskan oleh Pangdam baru,” harapnya.

Sementara itu, Mayjen Edy Rahmayadi menerima komando dan wewenang Pangdam serta berjanji akan melaksanakan amanah dengan penuh tanggung jawab.

“Saya akan melaksanakan tugas dan tangung jawab selaku pejabat baru, membina kesatuan wilayah Kodam, dan mohon kerjasama yang terbina bisa diteruskan kepada saya,” ujar Edy.

Edy menjelaskan bahwa pergantian tampuk pimpinan di lingkungan TNI Angkatan Darat merupakan bagian dari dinamika organisasi yang berkaitan dengan pembinaan personel dan satuan. Pergantian tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas kinerja, produktivitas organisasi, serta pengembangan karir bagi perwira yang bersangkutan.

Usai apel, pasukan Kodam I/BB menggelar parade defile sebagai tradisi dalam upacara serah terima jabatan. Dalam parade tersebut, tampil arak-arakan oleh satuan-satuan yang tergabung dalam Kodam I/BB, seperti Satuan Tamtama, Batalyon Infanteri, dan Bataylon Kavaleri. Selain itu, ditampilkan pula parade kendaraan patroli, kendaraan operasional, dan alutsista yang menunjang operasional prajurit AD di Kodam I/BB.

Diakhir kegiatan, para prajurit Kodam I/BB mengangkat para pimpinan, antara lain Pangdam baru, Pangdam lama, Gubernur Sumut, Kapolda Sumut, Kajati, dan Walikota Medan, sambil meneriakkan yel-yel sebagai tanda kehormatan. Sambil mengacungkan tangan, mereka serentak menyanyikan lagu-lagu perjuangan dengan penuh semangat. [pks.or.id]

Mari berkomentar dengan santun !