banner 970x321

147 Calon Jemaah Haji Batu Bara Dipastikan Gagal Berangkat

Kakan Kemenag Batu Bara, H. Ahmad Sofian, S.Ag, M.A. (Foto: Arsannasution/Bisanews.id).

BATU BARA | Bisanews.id | Karena pandemi Covid -19 belum usai, tahun ini Pemerintah Arab Saudi masih membatasi kuota jemaah calon haji untuk seluruh negara. Hanya satu juta jemaah yang diperbolehkan melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci Makkah.

Dari jumlah tersebut, Kabupaten Batu Bara mendapat jatah kuota 278 jemaah. Namun yang dapat diberangkatkan hanya 131 jemaah.

Sedangkan 147 jemaah lagi dipastikan terpaksa tidak bisa berangkat, karena terganjal faktor usia maksimal 65 tahun yang ditetapkan Pemerintah Arab Saudi.

Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Batu Bara, H. Ahmad Sofian, S.Ag, M.A, Rabu (11/5/2022), di kantornya.

Menyikapi tidak bisa berangkatnya 147 jemaah tersebut, Sofian berharap para jemaah untuk bersabar. Dia meyakinkan para jemaah, kemungkinan tahun depan sudah bisa melaksanakan ibadah haji.

Persiapan Ibadah Haji

Di sisi lain, kata Sofian, pihaknya saat ini sudah mulai melakukan sejumlah persiapan untuk tahapan pelaksanaan ibadah haji 2022.

“Persiapan harus sudah dimulai dari sekarang, karena jadwal keberangkatan jemaah haji ke Tanah Suci Makkah sudah semakin dekat, yaitu dimulai pada 3 Juni 2022 mendatang”, kata Sofian.

Persiapan-persiapan tersebut, lanjutnya, antara lain seperti manasik haji dan pemberkasan dokumen lainnya. “Itu semua untuk kenyamanan jemaah kita dalam melakukan ibadah di tanah suci nantinya”, ujarnya.

Writer: Arsan NasutionEditor: Abdul Muis