Harkitnas Momentum Kebangkitan Bangsa Untuk Hadapi Berbagai Tantangan

IMG 20220521 WA0010
Pembina Upacara, Oky Iqbal Frima ketika menerima laporan dari Pemimpin Upacara pada peringatan Harkitnas ke-114 di Lapangan Sepak Bola Lima Puluh, Jumat (20/05/2022). (Foto: Dok-Kominfobb/Bisanews.id).

BATU BARA | Bisanews.id | Pemkab Batu Bara melaksanakan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 di Lapangan Sepak Bola Lima Puluh, Jumat (20/05/2022).

Bertindak sebagai pembina upacara adalah Wakil Bupati Batu Bara, Oky Iqbal Frima. Upacara dihadiri Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Batu Bara.

Oky dalam amanatnya mengajak masyarakat agar menjadikan peringatan Harkitnas sebagai momentum untuk bangkit bersama dari berbagai tantangan yang dihadapi Bangsa Indonesia selama masa pandemi Covid-19.

“Di Hari Kebangkitan Nasional ini mari kita mengenang jasa perjuangan para tokoh bangsa di masa lampau dalam memperjuangkan kemerdekaan Bangsa Indonesia. Tanpa mereka saat ini kita tidak akan merasakan manisnya kebebasan dan kemerdekaan”, kata Oky seperti dirilis Dinas Kominfo Batu Bara.

Dalam rilis dikatakan, peringatan Harkitnas mengangkat tema ‘Ayo Bangkit Bersama’. Tema tersebut merupakan bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi Covid-19 yang melanda dunia sejak dua tahun terakhir.

Adapun tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk terus memelihara, menumbuhkan, dan menguatkan semangat gotong royong sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan, guna mempercepat kepulihan bangsa dari pandemi Covid-19.

Disebutkan, pada 20 Mei 1948 silam, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Kebangkitan Nasionalisme Indonesia. Di masa itu terdapat ancaman perpecahan antar golongan dan ideologi di tengah perjuangan bangsa mempertahankan kemerdekaan dari penjajah yang ingin kembali berkuasa.

Writer: RedaksiEditor: Abdul Muis